025. ADA 2 Macam Keadaan Penghuni NERAKA [TULISAN]

025. ADA 2 Macam Keadaan Penghuni NERAKA [TULISAN]



2 Macam Keadaan Penghuni NERAKA Yaitu :

1. Penghuni yang KEKAL ABADI, mereka adalah Orang KAFIR, dan MUSRYIK (Menyekutukan peribadatan kepada ALLOH dengan makhuknya)

“Adapun orang-orang kafir dan mendustakan ayat- ayat Kami, mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya” (QS. Al Baqarah: 39)

2. Hanya Sementara saja, mereka adalah Orang Muslim yang berdosa-dosa besar yang setelah ditimbang di mizan, dosa masih lebih banyak dengan kebaikannya serta tidak diampuni ALLAH, maka akan dimasukkan ke neraka dan setelah bersih, maka dia akan keluar dengan syafaat orang- orang yang memohonkan syafaat atau karena rahmat Allah semata.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, dia berkata,“Rasulu­llah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
"Adapun penduduk neraka yang mereka menjadi penduduknya, maka mereka tidak akan mati di dalam neraka dan tidak akan hidup. Tetapi orang- orang yang tertimpa siksa neraka dengan sebab dosa-dosa mereka, maka Dia (Allah) akan mematikan mereka. Sehingga apabila mereka telah menjadi arang, diberi izin mendapatkan syafaat. Maka, mereka didatangkan dalam keadaan kelompok-kelomp­ok yang berserakan. Lalu mereka ditebarkan di sungai-sungai surga, kemudian dikatakan, ‘Wahai penduduk surga tuangkan (air) kepada mereka!’ Maka, merekapun tumbuh sebagaimana tumbuhnya bijian yang ada pada tanah yang dibawa aliran air.’”

[H.R. Muslim no: 185; dan lainnya. Lihat takhrij-nya di dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 1551] .