13)  ARTI PENTING ORGANISASI DAN METODE DALAM USAHA WARNET

13) ARTI PENTING ORGANISASI DAN METODE DALAM USAHA WARNET





Sebelum membahas peran organisasi dan metode dalam usaha warnet, perlu diketahui arti dari organisasi dan metode itu sendiri. Organisasi adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan sama yang terstruktur dan sebagai wadah dari kegiatan manajerial untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Metode ialah pola tata kerja yang menjelaskan bagaimana proses kegiatan manejerial dan kerja sama dilakukan sampai terciptanya tujuan yang efisien. Antara organisasi dan metode tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lainnya yaitu mencapai tujuan yang efisien.
Usaha warnet merupakan suatu organisasi karena terdiri dari beberapa orang atau sekumpulan orang yang mengelolanya demi tercapainya suatu tujuan yang sama yaitu menciptakan usaha warnet yang menguntungkan. Oleh sebab itu usaha warnet termasuk ke dalam jenis Organisasi Niaga karena usaha warnet mempunyai tujuan utama yaitu mencari keuntungan. Di dalam usaha warnet terdapat sistem organisasi yang menjalankan tugasnya masing-masing. Terdiri dari :
·         Investor atau pemilik modal warnet
yaitu orang yang menanamkan modalnya untuk usaha baik dalam bentuk uang, penyediaan hardware dan software, dan tempat bagi usaha warnet tersebut. Selain itu investor harus memperhatikan dan mengkaji aspek-aspek yang mempengaruhi dalam pembuatan usaha warnet. Aspek tersebut ialah tingkat pemahaman masyarakat sekitar warnet tentang internet, dan kebutuhan masyarakat tentang internet sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat. Investor harus melakukan koordinasi dengan manager warnet.
·         Manager Warnet
merupakan orang yang mengelola strategi yang telah direncenakan oleh investor dan bertanggung jawab untuk merancang rencana-rencana yang taktis untuk dijalankan setiap harinya. Dalam hal ini manager warnet membuat program promosi yang dapat ditawarkan oleh pelanggan. Selain itu manager warnet yang memasang software-software yang dibutuhkan di komputer user ataupun di komputer client.
·         Admin warnet
Orang yang bertanggung jawab sehari-hari dalam menjalankan aktivitas usaha warnet secara operasional dengan mampu menyediakan kualitas internet yang di telah dijanjikan dan mampu memfungsikan sofware standard untuk internet.
·         Operator warnet
adalah orang yang bertugas melayani pelanggan warnet setiap hari.
Selain memiliki keorganisasian usaha warnet mempunyai metode untuk menjalankan keorganisasian tersebut dengan baik. Metode inilah yang harus membuat usaha warnet berjalan sesuai yang direncanakan dengan menghasilkan keuntungan yang lebih. Dengan metode yang baik maka usaha warnet dapat meningkatkan kualitas dari warnet tersebut. Metode tersebut meliputi :
·         Pengelola berkualitas
Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli dalam bidangnya dan berpengalaman sangatlah dibutuhkan dalam bidang usaha ini. Oleh karena itu diperlukan usaha-usaha yang lebih dalam peningkatan SDM yang berkualitas. Walau bagaimanapun SDM tersebut akanmenjadi mesin penggerak yang sangat berperan penting dalam kemajuan suatu bidang usaha. Dalam hal ini pengelola harus mampu meningkatkan usaha warnet menjadi usaha yang menjanjikan dengan manajemen yang baik dan dapat bekerja sama dengan investor.
·         Rencana Strategis
Suatu organisasi yang berhasil mampu menciptakan manajemen yang baik. Dengan manajemen yang baik perusahaan akan mencapai tujuan yang telah dirancang secara efisien. Dalam usaha warnet rencana strategis harus meliputi penyediaan pelayanan yang baik bagi pelanggan baik dari segi pelayanan yang memuaskan, harga yang murah, dan akses internet yang cepat mengingat usaha warnet merupakan usaha dalam bidang jasa. Setelah pelayanan yang baik maka para pelanggan akan merasa puas dan memberikan apresiasinya terhadap warnet. Oleh sebab itu warnet akan mendapatkan keuntungan dengan sendirinya dan menerima omset yang besar setiap harinya. Hal tersebut merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam usaha warnet ini.
Setelah perencanaan telah dirancang maka hal yang harus dilakukan yaitu pengorganisasian. Maksud dari pengorganisasian yaitu mengatur personel atau staf yang ada di dalam organisasi tersebut dengan penempatan yang tetap agar semua kegiatan yang telah direncanakan berjalan dengan baik sampai terciptanya tujuan.
Usaha warnet termasuk ke dalam Organisasi Lini & Staff karena dalam manajemennya antara lini dan staff tidak bekerja sendiri-sendiri. Dalam usaha warnet antara atasan dengan bawahan perlu koordinasi yang baik. Dalam hal ini staff yang ditempatkan oleh Admin dan Operator warnet bekerja tidak hanya sebagai Admin dan Operator saja tetapi disini dibutuhkan masukan dari mereka karena apabila ada kekurangan-kekurangan yang dialami operasional maka dapat diberikan masukan kepada atasan yaitu Investor dan Manager warnet. Dalam hal ini juga atasan tidak lepas tangan begitu saja karena atasan dapat memberikan kontribusinya dalam hal masukan kepada bawahan apa saja yang mesti dilakukan dalam menjaga kestabilitasan warnet dan membantu dalam pengadaan operasional yang masih dibutuhkan.
Maka dapat disimpulkan peran organisasi dan metode dalam usaha warnet sangat dibutuhkan. Karena dalam usaha warnet merupakan suatu organisasi yang membutuhkan tahapan-tahapan untuk membangunnya dan menciptakan keberhasilan dari usaha tersebut untuk dijaga kestabilitasanya. Dengan metode yang baik maka dapat tercapainya suatu tujuan dari perusahaan tersebut secara efisien.