49) Dinamika Organisasi Mahasiswa

49) Dinamika Organisasi Mahasiswa


Orgnaisasi mahasiswa termasuk ke dalam kategori ELIT. Apapun itu namanya, Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai organisasi internal kampus maupun Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) atau yang lainnya sebagai organisasi eksternal kampus. Semua bentuknya adalah elit.
Organisasi elit berarti tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya. Kategori elit adalah dia yang kreatif dan produktif. Tentu saja karena elit maka orangnya pun sedikit.
Untuk masuk ke dalam organisasi elit seperti KAMMI, biasanya personilnya memiliki dua cara. Dua cara ini adalah sengaja dan terjebak. Dari dua cara ini masuk ke dalam dua golongan, diantaranya adalah:
1. Golongan interest
Golongan ini adalah golongan personil yang masuk dengan minat yang tinggi. Memiliki ketertarikan dalam berorganisasi. Alhasil kinerjanya akan lebih menunjukan skill yang dimilikinya, baik proses maupun anding. Orang yang masuk organisasi secara interest biasanya akan memiliki kemampuan dan komitmen yang jauh lebih baik dari pada yang masuk karena golongan kedua.
2. Golongan Accident
Yaitu golongan orang-orang yang masuk organisasi karena kecelakaan. Awalnya masuk kegiatan organisasi secara tak sengaja, atau hanya ikut-ikutan teman saja, atau tidak enak karena yang ngajak teman dekat. Alhasil jikia mau keluar juga tidak enak hati. Maka dalam prosesnya golongan kedua ini kurang sekali komitmen yang dibangun. karena tidak ada rasa memiliki dalam organisasi. Rasa enggan pun bahkan karena terpaksa menghasilkan kinerja yang kurang baik.
Ada dua kemungkinan dalam golongan kecelakaan ini, pertama orang yang masuk ke dalam golongan ini akan baik dan berguna jika menemukan suatau hal yang dia inginkan. Maka interest pun akan terbangun sihingga komitmen dan skillnya mulai di asah. Kedua, golongan ini akan muntaber alias mundur tanpa berita. adapun jika bertahan maka tidak akan menjadi organisatoris yang berhasil alias jadi sampah organisasi.