Proses perencanaan, pengorganisasian,
pengendalian dan pengawasan merupakan pekerjaan anggota organisasi, yang
dilakukan dengan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai
sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. Proses penentuan tujuan, penerjemahan
ke dalam strategi, kebijaksanaan dan program organisasi diterapkan dalam sebuah
perencanaan (Planning). Dan mempunyai tiga aspek : mendefinisikan masalah,
mendiagnosis dan menentukan tujuan. Pendekatan yang dilakukan manajer
menggunakan cara brainstorming (suatu teknik pengambilan keputusan dan
pemecahan masalah, individu di dalamnya mencoba meningkatkan kreativitas dengan
cara mengajukan alternatif secara spontan tanpa memperhatikan kenyataan atau
tradisi), serta mengevaluasi alternatif dan memilih yang terbaik dan
mengimplementasikan keputusan dan memonitor hasil. Sebuah organisasi adalah
pola hubungan –banyak hubungan yang saling terjalin secara simultan yang
menjadi jalan bagi orang, dengan pengarahan dari manajer, untuk mencapai
sasaran bersama. Proses manajerial dari pengorganisasian termasuk pembuatan
keputusan, penciptaan kerangka kerja, sehingga organisasi tersebut dapat bertahan
dari keadaan yang baik pada masa kini hingga masa depan. Suatu usaha kerja sama
antara badan, instansi, unit dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu, sehingga
terdapat saling mengisi, saling membantu dan saling melengkapi. Orang yang
menggerakkan / mengkoordinasi unsur-unsur manajemen untuk mencapai tujuan
disebut koordinator (manajer).
0 komentar:
Posting Komentar