1.      PROSES WARGA NEGARA YANG BERNEGARA

1. PROSES WARGA NEGARA YANG BERNEGARA

Proses bangsa yang bernegara memberikan gambaran tentang terbentuknya bangsa dimana kelompok manusia didalamnya bagian dari bangsa, negara merupakan organisasi yg mewadahi bangsa trsbut berdasarkan pentingnya keberadaan negara sehingga tumbuhlah kesadaran untuk mempertahankan keutuhan negara melalui upaya bela negara. upaya ini dapat terlaksana dngan baik apabila tercipta pola pikir,pola sikap & tindak perilaku bangsa yg berbudaya yang memotivasi keinginan untuk membela negara.

Proses bangsa yang bernegara diawali dengan adanya pengakuan yang sama atas kebenaran hakiki dan kesejarahan yang merupakan gambaran kebenaran secara faktual dan otentik. Yang dimaksud adalah:

1. Kebenaran yang berasal dari Tuhan pencipta alam semesta, kebenaran tersebut adalah meliputi:

Ke-Esaan Tuhan, manusia harus beradab, manusia harus bersatu, manusia harus memiliki hubungan sosial, kekuasaan di dunia adalah kekuasaan manusia. Kebenaran inilah yang dijadikan falsafah hidup atau ideologi NKRI yaitu seperti terdapatnya dalam falsafah Pancasila.


2. Kesejarahan, sejarah adalah satu dasar yang tidak dapat ditinggalkan berdasarkan asal mula bangsabangsa kita memahami proses terbentuknya NKRI sebagai hasil perjuangan bangsa dengan demikian kita akan mengerti dan menyadari kewajiban individual terhadap bangsa dan negara.
 
Di Indonesia, proses ini telah dimulai sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 dimana terjadinya negara Indonesia merupakan proses-proses yang berkesinambungan. Secara ringkas, proses tersebut adalah sebagai berikut:
a. Perjuangan pergerakkan kemerdekaan Indonesia
b. Proklamasi atau pintu gerbang kemerdekaan
c. Keadaan bernegara yang nilai dasarnya adalah merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
Proses bangsa yang menegara di Indonesia diawali dengan adanya pengakuan yang sama atas kebenaran hakiki kesejarahan. Kebenaran dan kesejarahan hakiki yang dimaksud adalah:
a. Kebenaran yang berasal dari tuhan Yang Maha Esa yakni; Ke-Esa-an Tuhan; manusia harus beradab; manusia harus bersatu; manusia harus memiliki hubungan sosial dengan yang lainnya serta mempunyai nilai keadilan; kekuasaan didunia adalah kekuasaan manusia.
b. Kesejarahan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya dan para pahlawannya. Dan selalu ingat kata Bung Karno dahulu dalam pidatonya yang terakhir pada HUT RI tanggal 17 Agustus 1966: JAS MERAH – Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah.
DAFTAR PUSTAKA
http://argen26.blogspot.com/2012/03/negara-dan-warganegara-dalam-sistem.html