TUGAS SOFTKILL ISD 6 : PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DIDALAM PERUSAHAAN PT ASTRA HONDA MOTOR

TUGAS SOFTKILL ISD 6 : PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DIDALAM PERUSAHAAN PT ASTRA HONDA MOTOR



Pada zaman modern ini telah begitu tergantung pada sistem informasi. Saat menggunakan jasa perbankan, pemasaran, asuransi, telekomunikasi; sistem informasi merupakan tulang punggung dalam penyediaan jasa tersebut. Kemampuan sistem informasitelah banyak dimanfaatkan oleh organisasi atau perusahaan dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan atau konsumen. Sistem informasi yang digunakan juga terhubung kedalam jaringan yang besar yaitu internet sehingga memudahkan organisasi dalam memperluas jangkauan maupun meningkatkan kualitas pelayanannya
Organisasi tidak lagi memandang teknologi komputer sebagai alat untuk otomatisasi proses. Teknologi kmputer telah dipandang penting, sehingga menjadi faktor esensial dalam menetapkan strategi bisnis. Menggabungkan teknologi informasi dengan strategi bisnis untuk mendapatkan keunggulan kompetitif adalah hal yang sangat penting bagi organisasi dalam lingkungan bisnis modern, sehingga tanpa disadari, organsasi semakin hari akan semakin mengandalkan teknologi informasi

PT Astra Honda motor merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan Limited, jepang dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi honda motor tidak lepas dari peran sistem teknologi informasiyang di kembangkan untuk mampu menjawab kebutuhan kbutuhan perusahaan dan pelanggan. Astra International memiliki pengetahuan yang koprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di indonesia, berkat sistem jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. Astra juga mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand Honda semakin unggul.

Sistem Kolaboratif Perusahaan

PT Astra Honda Motor merupakan salah satu contoh perusahaan yang telah memanfaatkan internetworking dalam sistem informasi. AHM sudah menerapkan database oracle dengan sistem terintregasi. Manfaat yang dirasakan oleh AHM melalui sistem ini denganmengaplikasikan ERP (enterprise resources planing) setelah pertengahan bulan AHM sudah memperoleh informasi dari bagian pemasaran mengenai jumlah motor yang akan dijual bulan depan. Dengan kondisi seperti ini bagian produksi dapat merencanakan tipe apa saja yang akan di produksi termask komponen yang akan dibutuhkan. Dalam mengaplikasikan ERP, AHM menggunakan email sebagai media untuk mengetahui informasi yang diberikan oleh bagian pemasaran karena lokasi pabrik berada di cikarang dan bagian pemasaran AHM berada di Jakarta. Ini merupakan bagian dari enterprise collaborative system. Dalam hubungan AHM dengan vendor ternyata masih ada yang dilakukan tanpa online. Dokumen pemesanan (purchasing order/PO) diberikan setiap kali vendor mengirimkan komponen ke pabrik.

Sistem Bisnis Intenal

Dalam mengontrol proses pembuatan produksi berbasis internal bussiness system AHM semua bagian dihubungkan dengan jaringan ke masing masing lini produsi. Penerapan internal business system dalam pengelolaan karyawan sudah dilakukan dengan menggunakan kartu yang dibawa masing masing karyawan. Sistem tersebut akan mencatat kehadiran karyawan secara otomatis dan sistem tersebut sudah langsung terhubung dengan komputer yang ada dibagian humas resource development. untuk mengukur kinerja operasional ditiap tiap bagian AHM mengaplikasikan business intelegent, software dan cognos. Dalam penerapannya laporan masing masing bagian berasal dari database dan sudah diolah. Ini memudahkan manajer dalam mengukur dan mengevaluasi kinerja operasional dari bagiannya. Dengan menggunakan sistem informasi AHM mampu menekan biaya persediaan dan seefektif ungkin menggunakanwaktu. Penerapan sistem informasi ini membuat AHM hanya membutuhkan waktu 13 menit untuk memproduksi 1 unit motor utuh. Sistem informasi berbasis web juga diterapkan untuk menghubungkan 4 lokasi pabrik yang saling berjauhan . Hubungan antara lokasi pabrik tersebut dalam bentuk virtual dengan jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang microwave 

Sistem Perdagangan Elektronik

Dalam sistem penjualan AHM sudah menerapkan sistem informasi terintegrasi menggunakan internetworking dengan main dealer diseluruh indonesia terutama untuk suku cadang motor. Untuk melakukan pemesanan ketersediaan suku cadang dilakukan dengan cara log in dengan user ID lewat PC (personal computer) dengan paswod yang sudah diberikan. Untuk pemasaran yang berbasis web AHM sudah memiliki situs resmi untuk promosi dan penjualan. E-commerce system yang diterapkan oleh AHM ditujukan sebagai media promosi untuk menginformasikan produk dan juga keberadaan perusahaan kepada konsumen luas. Situs yang dimiliki AHM beralamat www.astra-honda.com. Situs AHM berisikan tentang sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, bentuk layanan pembelian (syarat, cara memperoleh produk), model produk motor yang dihasilkan, spesifikasi masing masing motor (keunggulan produk), informasi lokasi dealer/cabang dealer, lokasi layanan service purna jual. Menurut AHM teknologi informasi bisa menjadi solusi untuk dapat beradaptasi dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Value atau ilmu yang diciptakan dengan menggunakan teknologi informasi yang dirasakan oleh AHM terutama kaitannya dengan masalah efisien. Nilai investasi kebuthan teknologi informasi AHM mencapai US$ 1-2 juta/tahun. Kebutuhan teknologi informasi dengan dana yang besar di AHM karena terkait dengan banyaknya jumlah pengambil keputusan dan tersebardi banyak lokasi. Disinilah peran teknologi di AHM untuk menciptakan sinergi dalam perusahaan. Sistem yang dikembangkandi AHM merupakan piranti yang dianggap tepat dan mendukung operasional pabrik dan bisnis.