TUGAS SOFTKILL ISD 6 : PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DIDALAM PERUSAHAAN PT ASTRA HONDA MOTOR
Pada zaman modern ini telah begitu tergantung pada sistem
informasi. Saat menggunakan jasa perbankan, pemasaran, asuransi,
telekomunikasi; sistem informasi merupakan tulang punggung dalam penyediaan
jasa tersebut. Kemampuan sistem informasitelah banyak dimanfaatkan oleh
organisasi atau perusahaan dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan atau
konsumen. Sistem informasi yang digunakan juga terhubung kedalam jaringan yang
besar yaitu internet sehingga memudahkan organisasi dalam memperluas jangkauan
maupun meningkatkan kualitas pelayanannya
Organisasi tidak lagi memandang teknologi komputer sebagai
alat untuk otomatisasi proses. Teknologi kmputer telah dipandang penting,
sehingga menjadi faktor esensial dalam menetapkan strategi bisnis.
Menggabungkan teknologi informasi dengan strategi bisnis untuk mendapatkan
keunggulan kompetitif adalah hal yang sangat penting bagi organisasi dalam
lingkungan bisnis modern, sehingga tanpa disadari, organsasi semakin hari akan
semakin mengandalkan teknologi informasi
PT Astra Honda motor merupakan sinergi keunggulan teknologi
dan jaringan Limited, jepang dan PT Astra International Tbk, Indonesia.
Keunggulan teknologi honda motor tidak lepas dari peran sistem teknologi
informasiyang di kembangkan untuk mampu menjawab kebutuhan kbutuhan perusahaan
dan pelanggan. Astra International memiliki pengetahuan yang koprehensif
tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di indonesia, berkat sistem
jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. Astra juga mampu memfasilitasi
pembelian dan memberikan pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand
Honda semakin unggul.
Sistem Kolaboratif Perusahaan
PT Astra Honda Motor merupakan salah satu contoh perusahaan
yang telah memanfaatkan internetworking dalam sistem informasi. AHM sudah menerapkan
database oracle dengan sistem terintregasi. Manfaat yang dirasakan oleh AHM
melalui sistem ini denganmengaplikasikan ERP (enterprise resources planing)
setelah pertengahan bulan AHM sudah memperoleh informasi dari bagian pemasaran
mengenai jumlah motor yang akan dijual bulan depan. Dengan kondisi seperti ini
bagian produksi dapat merencanakan tipe apa saja yang akan di produksi termask
komponen yang akan dibutuhkan. Dalam mengaplikasikan ERP, AHM menggunakan email
sebagai media untuk mengetahui informasi yang diberikan oleh bagian pemasaran
karena lokasi pabrik berada di cikarang dan bagian pemasaran AHM berada di
Jakarta. Ini merupakan bagian dari enterprise collaborative system. Dalam
hubungan AHM dengan vendor ternyata masih ada yang dilakukan tanpa online.
Dokumen pemesanan (purchasing order/PO) diberikan setiap kali vendor mengirimkan
komponen ke pabrik.
Sistem Bisnis Intenal
Dalam mengontrol proses pembuatan produksi berbasis internal
bussiness system AHM semua bagian dihubungkan dengan jaringan ke masing masing
lini produsi. Penerapan internal business system dalam pengelolaan karyawan
sudah dilakukan dengan menggunakan kartu yang dibawa masing masing karyawan.
Sistem tersebut akan mencatat kehadiran karyawan secara otomatis dan sistem
tersebut sudah langsung terhubung dengan komputer yang ada dibagian humas
resource development. untuk mengukur kinerja operasional ditiap tiap bagian AHM
mengaplikasikan business intelegent, software dan cognos. Dalam penerapannya
laporan masing masing bagian berasal dari database dan sudah diolah. Ini
memudahkan manajer dalam mengukur dan mengevaluasi kinerja operasional dari
bagiannya. Dengan menggunakan sistem informasi AHM mampu menekan biaya
persediaan dan seefektif ungkin menggunakanwaktu. Penerapan sistem informasi
ini membuat AHM hanya membutuhkan waktu 13 menit untuk memproduksi 1 unit motor
utuh. Sistem informasi berbasis web juga diterapkan untuk menghubungkan 4
lokasi pabrik yang saling berjauhan . Hubungan antara lokasi pabrik tersebut
dalam bentuk virtual dengan jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang
microwave
Sistem Perdagangan Elektronik
Dalam sistem penjualan AHM sudah menerapkan sistem informasi
terintegrasi menggunakan internetworking dengan main dealer diseluruh indonesia
terutama untuk suku cadang motor. Untuk melakukan pemesanan ketersediaan suku
cadang dilakukan dengan cara log in dengan user ID lewat PC (personal computer)
dengan paswod yang sudah diberikan. Untuk pemasaran yang berbasis web AHM sudah
memiliki situs resmi untuk promosi dan penjualan. E-commerce system yang
diterapkan oleh AHM ditujukan sebagai media promosi untuk menginformasikan
produk dan juga keberadaan perusahaan kepada konsumen luas. Situs yang dimiliki
AHM beralamat www.astra-honda.com. Situs AHM berisikan tentang sejarah
perusahaan, visi dan misi perusahaan, bentuk layanan pembelian (syarat, cara
memperoleh produk), model produk motor yang dihasilkan, spesifikasi masing
masing motor (keunggulan produk), informasi lokasi dealer/cabang dealer, lokasi
layanan service purna jual. Menurut AHM teknologi informasi bisa menjadi solusi
untuk dapat beradaptasi dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Value atau ilmu
yang diciptakan dengan menggunakan teknologi informasi yang dirasakan oleh AHM
terutama kaitannya dengan masalah efisien. Nilai investasi kebuthan teknologi
informasi AHM mencapai US$ 1-2 juta/tahun. Kebutuhan teknologi informasi dengan
dana yang besar di AHM karena terkait dengan banyaknya jumlah pengambil
keputusan dan tersebardi banyak lokasi. Disinilah peran teknologi di AHM untuk
menciptakan sinergi dalam perusahaan. Sistem yang dikembangkandi AHM merupakan
piranti yang dianggap tepat dan mendukung operasional pabrik dan bisnis.
Komentar
Posting Komentar