Nama : Qori Haidir Alam
Kelas : 3DB06
NPM : 35112806
Tentang UKM :
Toko
Bangunan Gunung Kidul,Bekasi bergerak dalam bidang penjualan barang- barang
bangunan atau matrial dan transaksi yang dilakukan setiap harinya cukup besar,
dalam kegiatannya sudah tentu membutuhkan keberadaan sistem informasi yang
akurat dan cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dari awal diterbentuk nya UKM ini hanya memiliki 10 Anggota , yaitu 1 sebagai Pemilik UKM serta 8 Pekerja yang dimana pekerja tersebut memiliki tugas nya masing masing yaitu ada yang sebagai pengantar pesanan alat bangunan dan ada 1 juga yang bertugas sebagai Pembukuan Keluar masuk nya barang serta Pembukuan Laporan Keuangan.
Sistem Transaksi :
a. Proses Pembayaran
Proses ini dimulai ketika pelanggan memesan barang yang akan dibelinya dengan
datang langsung atau melalui telepon, pemesanan disampaikan secara lisan dan
ditulis kesebuah nota. Kemudian bagian penjualan akan mengecek barang yang akan
dipesan oleh pelanggan apakah sesuai dengan pesanan, apabila sesuai maka
terjadi kesepakatan. Berdasarkan nota yang dibuat dan telah disepakati
bersama,maka penjualan memberikan nota yang berisi tagihan sejumlah uang yang
harus dibayar oleh pelanggan.
b. Proses
Pengiriman Sesuai dengan nota yang telah dibuat oleh bagian penjualan, maka
bagian penjualan membuat SJ (Surat Jalan) yang diberi kan untuk bagian gudang,
kemudian bagian gudang menyiapkan barang yang akan dikirim berdasarkan SJ,
kemudian bagian gudang memerintahkan kepada bagian pengiriman mengirim barang
yang disertai SJ kepada pelanggan. Jika ada barang yang tidak sesuai, maka
pelanggan tidak akan menandatangani SJ tersebut. Jika sesuai maka SJ akan
ditandatangani pelanggang dan akan dikirim kembali rangkapnya untuk arsip ke
bagian penjualan sebagi bukti bahwa barang yang telah diterima oleh pelanggan
dengan baik.
c. Proses
Pembuatan Laporan Penjualan Sebagai bukti pertanggung jawaban kepada pimpinan
maka bagian penjualan membuat laporan penjualan yang akan diserahkan kepada
pimpinan setiap 1 bulan sekali dan laporan penjualan ini dibuat berdasarkan
nota.
Alur Transaksi :
Pembeli – Karyawan
–Keuangan – Pemilik Toko
1)Pemilik toko atau atasan uraian tugasnya
adalah sebagai berikut :
a) Memimpin kegiatan usaha secara
keseluruhan.
b) Konsultan di toko sendiri.
c) Memanage seluruh karyawan.
d) Menerima laporan penjualan dan pembelian.
e) Mengantur keuangan toko.
f) Pengatur gaji karyawan.
2.) karyawan, terbagi atas pelayan toko tugasnya
adalah sbb:
1) Melayani pelanggan.
2) Mengelola transaksi penjualan dan
pembelian.
3) melayani kebutuhan pelanggan dan
merapihkan barang
3. Admistrasi tugasnya sbb:
a. Membantu atasan dalam membuat laporan
keuangan.
b. Melaksanakan tugas dari atasan sesuai
bagian atau perintah dari pemilik toko / atasan.
4. Karyawan bagian gudang, tugasnya sbb:
a. Melaksanakan tugas dari atasan sesuai
bagian atau perintah dari pemilik toko /
atasan.
b. Memeriksa ketersediaan barang dalam
gudang.
c. Memesan kepada penyuplai barang apabila
terjadi keadaan minim barang, sehingga ketersediaan barang akan tetap terjaga.
Informasi Masuk :
·
Data
Transaksi yang terjadi
·
Data
Pemasukan dan Pengeluaran
Informasi Keluar :
·
Data
Barang yang Terjual
Kelemahan Sistem :
pada sistem pengolahan data penjualan dan pembelian yang
masih belum terkomputerisasi atau masih manual yang mengakibatkan sering
terjadi kesalahan dalam pencatatan nota transaksi penjualan dan pembelian ,
data penyimpanan barang masuk dan barang keluar yang masih berupa arsip,
sehingga terjadi penumpukan data dan keamanan dari datanya kurang terjamin,
selain itu pembuatan laporan hanya dibuatkan secara garis besar yaitu berapa
jumlah uang didapat setiap harinya yang membutuhkan waktu yang lama dan sering
tejadinya kesalahan dalam penulisan dan perhitungannya
Komentar
Posting Komentar