Tata kerja
atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang
tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses
kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a. Menghindari terjadinya
pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia
b. Menghindari
kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses
pencapaian
tujuan
c. Menjamin adanya pembagian
kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat
dilukiskanseperti di bawah ini.
a. Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar
manusia;
b. Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi
pengelompokkan kerja sama.
c. Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya
tujuan secara efisien.
Fungsi satuan
Organisasi dan Metode
pengertian
fungsi satuan organisasi dan metode adalah rangkaian proses kegiatan yang harus
dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan
bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan
dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah
ditetapkan. Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu : 1.
Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang
setepat-tepatnya, 2. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen, 1.
Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia,
dan 2. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk
mencapai tujuan. Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan
antara manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan
bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari
manajemen. Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan
(manager) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang
rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui
kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan
sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang
setepat-tepatnya.
Sumber:
http://agatamanggalap.blogspot.com/2012/04/08-fungsi-satuan-organisasi-dan-metode.html
Komentar
Posting Komentar